Nanti Kalau Allah Tanya, Jawab Apa?

 Judul tersebut adalah dialog Hana yang nyesss untukku. Hana? Iya tokoh animasi anak kecil perempuan yang sudah menanyakan pertanyaan "dewasa".


Pertanyaan Hana mengingatkanku dengan firman Allah ta'ala dalam Al-Hasyr:18-19

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَـنْظُرْ نَـفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۚ وَا تَّقُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ بِۢمَا تَعْمَلُوْنَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan."

(QS. Al-Hasyr 59: Ayat 18)

* Via Al-Qur'an Indonesia https://quran-id.com

Ya Allah, aku yang mengetik ini sambil duduk bersandar di sofa yang nyaman rasanya "ingin mengaku-ngaku" bahwa akh hamba yang Engkau panggil dalam ayat tersebut. 


Alur dalam video Hana tadi sangat bagus dan tepat dengan perasaan yang aku curahkan sebelumnya. Ketika Hana mengajukan pertanyaan tersebut, ayah dan ibunya menceritakan kisah burung pipit dan cicak, yang membawa air dengan paruhnya untuk memadamkan dan yang meniup untuk membesarkan.


Tapi sekali lagi, Alhamdulillah. Allah beri aku ingat dengan firmanNya dalam al-Zalzalah. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَا لَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗ

"Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya

(QS. Az-Zalzalah 99: Ayat 7

* Via Al-Qur'an Indonesia https://quran-id.com)." 


Ternyata itu. Yang penting usaha. Allah nilai usaha kita. Hasil penting, tapi yang lebih penting seberapa serius kita dengan usaha kita. Allah akan tolong. Aku yakin.


Wallahu ta'ala 'alam bishshawwab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukungan yang Terdengar Kecil

Se-iya bukanlah jaminan

Loyo Satu Melotot Seribu